“Emas tetaplah Emas….” ALOR MANISE…


kalabahi-kota-kenariKabupaten Alor adalah sebuah kabupaten di provinsi Nusa Tenggara TimurIndonesia yang berbatasan dengan Timor Leste, Ibukota Alor berada di Kalabahi dengan luasnya adalah 2.864,6 km² dan titik tertingginya 1.839 meter. Kota Kalabahi biasa juga disebut dengan Kota Kenari karena di pulau Alor ini banyak sekali pohon kenari, sejenis rempah yang sangat gurih.

Kabupaten ini terbentuk dari wilayah kepulauan yang terdiri dari 20 pulau.

9 pulau yang telah dihuni penduduk, yakni : Pulau AlorPulau PantarPulau PuraPulau TerewengPulau Ternate, Pulau KepaPulau BuayaPulau Kangge dan Pulau Kura.

11 pulau lainnya tidak berpenghuni, masing-masing Pulau SikkaPulau KapasPulau BatangPulau LapangPulau RusaPulau KambingPulau Watu Manu, Pulau Batu BawaPulau Batu IllePulau Ikan Ruing dan Pulau Nubu.

Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki keunikan tersendiri. Betapa tidak, di daerah yang berbatasan laut dengan negara Timor Leste ini memiliki 42 bahasa daerah.

Di Kabupaten Alor terdapat 17 kecamatan yang mempunyai budaya dan etnis serta bahasa yang berbeda-beda. Orang Alor kaya dengan bahasa, dari 42 bahasa yang ada 12 di antaranya logat atau dialeknya hampir sama, sedangkan yang sisanya memang beda sama sekali bahasanya.

dive-alorBisa dibayangkan 6 % dari total -/+ 700 bahasa di Indonesia berasal dari Pulau Alor, sehingga tidak menjadi hal yang aneh ketika Pulau Alor dijadikan salah satu destinasi wisata di Indonesia bahkan di dunia karena keanekaragaman budayanya, salah satunya adalah keindahan taman bawah lautnya yang sangat mendunia, yang menjadi salah satu alasan mengapa sering diadakan Festival- festival Wisata dan   Budaya di Kabupaten ini. Salah satunya adalah Festival festival-adventure-indonesiaAdventure Indonesia yang diadakan di Alor 2 (dua) tahun lalu, tepatnya 15 – 20 September 2015.

Selain banyaknya potensi Wisata yang ada di Alor, para pecinta olah raga di Indonesia khususnya sepakbola mengenal Alor ketika Yabes Roni tergabung dalam Tim Nasional U-19 tahun 2015 yang lalu,  saat itu mereka berhasil menjadi  juara di Asia Tenggara & lolos ke Piala Asia kelompok umur 19 tahun. Siapa yang mengenal Yabes sebelumnya? Saya yakin tidak satu orangpun di NTT bahkan Alor yang mengenal Yabes kecuali keluarganya sendiri. Yabes bahkan dielu- elukan layaknya pahlawan orang Alor bahkan NTT pada umumnya saat tiba di Bandara El Tari Kupang. Yabes yang kemudian dikontrak sebagai pemain profesional di Klub sepak bola BALI UNITED yang ikut berlaga di Liga Indonesia sampai saat ini.

Banyak ragam dan potensi yang bisa dihasilkan di NTT, bukan hanya budaya dan pariwisatanya, bukan hasil kerajinan tangan tenun ikat dan juga berbagai macam alat musik tradisionalnya, namun Sumber Daya Manusianya juga bisa dikembangkan karena potensinya selalu ada.

Provinsi NTT selalu dikenal dengan kemiskinannya, semua memang disebabkan kesempatan. Bagaimana SDM nya bisa maju bila infrastruktur pendidikan serba kekurangan? Ya, ini menjadi tanggung jawab pemimpinnya, bagaimana kita bisa mempromosikan manusianya yang menjadi dasar pembangunan di daerah bila fasilitasnya terbatas?

Sampai dengan dasa warsa pertama di abad milenium ini baru ada kesempatan bagi anak- anak muda di negeri ini untuk berkompetisi menunjukkan kompetensiya, sebagai contoh di bidang tarik suara kompetisi- kompetisi seperti Indonesian Idol, X-Factor, The Voice Indonesia, The Rising Star, dll.

Anak- anak muda berbakat di kompetisikan dalam sebuah ajang pencarian bakat yang sangat ketat dan penilaiannya dilakukan oleh Indonesia. Indonesia yang memilih dan bukan dengan cara “dikarbit” untuk menjadi penyanyi tapi karena bakat alami yang mereka punya dan di berikan teknik- teknik bernyanyi oleh expert yang ada maka ibarat emas yang dilempar dalam lumpur ketika dipoles kembali maka cahaya kesempurnaan dari logam mulia tersebut kembali bersinar, “Emas tetaplah Emas”.

Sebagai contoh, tahun 2016 yang lalu Mario Klau asal Kabupaten Malaka, NTT memberikan kegembiraan bagi semua orang NTT, setiap orang merasa bangga akhirnya ada juga pengakuan Indonesia terhadap talenta luar biasa dari NTT yang ada pada diri Mario.

Memang Mario bukan penyanyi pertama asal NTT yang mendapatkan pengakuan Indonesia. Dahulu kita mengenal Obbie Messak dan beberapa penyanyi lainnya yang pernah meramaikan dunia tarik suara di Indonesia, namun kali ini berbeda karena pengakuan itu dihasilkan dari sebuah kompetisi menyanyi yang sangat viral dan selalu menjadi trending topic di berbagai social media, artinya apa? jaman sekarang Indonesia lebih mengenal Mario Klau dibandingkan Obbie Messak, karena Mario dikenal dan diakui oleh Indonesia untuk talenta bernyanyinya, walaupun Obbie Messakh sebagai orang NTT telah membuka kran bakat terpendam yang ada di NTT namun pangakuan Indonesia sempat macet puluhan tahun lamanya, sebelum adanya kompetisi- kompetisi menyanyi saat ini.

andmesh-kamalengSetelah keberhasilan Mario Klau di The Voice Indonesia, NTT berharap pada sosok Andmesh Kamaleng dalam Kompetisi The Rising Star Indonesia tahun 2017 agar tetap dapat “mengawetkan” kebanggaan bahwa masih banyak potensi seni dalam diri anak muda di NTT yang mempunyai kompetensi dalam hal bernyanyi sama seperti saudara kita di Maluku dan Papua bahkan Sulawesi Utara yang sudah lebih dahulu dan mendapatkan kesempatan untuk ber karir dalam dunia entertain di Indonesia.

Yang menarik adalah dari banyaknya budaya, seni, bahasa, pulau, destinasi wisata yang ada di Provinsi NTT khususnya Kabupaten Alor ada juga potensi  yang ada disana dan Andmesh sudah membuktikan itu, bahwa “emas, walaupun di timbun dalam lumpur tetaplah emas”.

Untuk itu saat ini dukungan kita sebagai orang NTT atau Kabupaten Alor pada khususnya sangat besar manfaatnya demi awetnya kegembiraan dan kebanggan yang dirasakan oleh seluruh orang NTT.

Suara emasmu tetap dinanti.. semoga awet selalu..

Tetaplah berjuang & banggakan NTT, ANDMESH KAMALENG!!

Regards,

Jerry Letik

Iklan

Tentang JERRY

I'm a man, looking good as me.. and many secret else... want to know many things about me??
Pos ini dipublikasikan di Article/E-book dan tag , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s