Sebuah surat dari masa depan


Kepada Yth
Manusia
Di
Tahun 2009

Aku hidup di tahun 2050. Aku berumur 50 tahun, tetapi kelihatan seperti sudah 85 tahun.

Aku mengalami banyak masalah kesehatan, terutama masalah ginjal karena aku minum sangat sedikit air putih.

Aku fikir aku tidak akan hidup lama lagi. Sekarang, aku adalah orang yang paling tua di lingkunganku, Aku teringat disaat aku berumur 5 tahun semua sangat berbeda, masih banyak pohon di hutan dan tanaman hijau di sekitar, setiap rumah punya halaman dan taman yang indah, dan aku sangat suka bermain air dan mandi sepuasnya.
Sekarang, kami harus membersihkan diri hanya dengan handuk sekali pakai yang di basahi dengan minyak mineral.

Sebelumnya, rambut yang indah adalah kebanggaan semua perempuan. Sekarang, kami harus mencukur habis rambut untuk membersihkan kepala tanpa menggunakan air.

Sebelumnya, ayahku mencuci mobilnya dengan menyemprotkan air langsung dari keran ledeng. Sekarang, anak-anak tidak percaya bahwa dulunya air bisa digunakan untuk apa saja.

Aku masih ingat seringkali ada pesan yang mengatakan: “JANGAN MEMBUANG BUANG AIR”

Tapi tak seorangpun memperhatikan pesan tersebut. Orang beranggapan bahwa air tidak akan pernah habis karena persediaannya yang tidak terbatas. Sekarang, sungai, danau, bendungan dan air bawah tanah semuanya telah tercemar atau sama sekali kering. Pemandangan sekitar yang terlihat hanyalah gurun-gurun pasir yang tandus. Infeksi saluran pencernaan, kulit dan
penyakit saluran kencing sekarang menjadi penyebab kematian nomor satu. Industri mengalami kelumpuhan, tingkat pengangguran mencapai angka yang sangat dramatik. Pekerja hanya dibayar dengan segelas air minum per harinya.Banyak orang menjarah air di tempat-tempat yang sepi. 80% makanan adalah makanan sintetis. Sebelumnya, rekomendasi umum untuk menjaga kesehatan adalah minum sedikitnya 8 gelas air putih setiap hari. Sekarang, aku hanya bisa minum setengah gelas air setiap hari.

Sejak air menjadi barang langka, kami tidak mencuci baju, pakaian bekas pakai langsung dibuang, yang kemudian menambah banyaknya jumlah sampah.

Kami menggunakan septic tank untuk buang air, seperti pada masa lampau, karena tidak ada air.

Manusia di jaman kami kelihatan menyedihkan: tubuh sangat lemah; kulit pecah-pecah akibat dehidrasi; ada banyak koreng dan luka akibat banyak terpapar sinar matahari karena lapisan ozon dan atmosfir bumi semakin habis. Karena keringnya kulit, perempuan berusia 20 tahun kelihatan seperti telah berumur 40 tahun.

Para ilmuwan telah melakukan berbagai investigasi dan penelitian, tetapi tidak menemukan jalan keluar. Manusia tidak bisa membuat air. Sedikitnya jumlah pepohonan dan tumbuhan hijau membuat ketersediaan oksigen sangat berkurang, yang membuat turunnya kemampuan intelegensi generasi mendatang.

Morphology manusia mengalami perubahan… yang menghasilkan/melahirkan anak-anak dengan berbagai masalah defisiensi, mutasi, dan malformasi.
Pemerintah bahkan membuat pajak atas udara yang kami hirup: 137 m3 per orang per hari. [31.102 galon]

Bagi siapa yang tidak bisa membayar pajak ini akan dikeluarkan dari “kawasan ventilasi” yang dilengkapi dengan peralatan paru-paru mekanik raksasa bertenaga surya yang menyuplai oksigen. Udara yang tersedia di dalam “kawasan ventilasi” tidak berkulitas baik, tetapi setidaknya menyediakan oksigen untuk bernafas.Umur hidup manusia rata-rata adalah 35 tahun.

Beberapa negara yang masih memiliki pulau bervegetasi mempunyai sumber air sendiri. Kawasan ini dijaga dengan ketat oleh pasukan bersenjata. Air menjadi barang yang sangat langka dan berharga, melebihi emas atau permata.

Disini ditempatku tidak ada lagi pohon karena sangat jarang turun hujan. Kalaupun hujan, itu adalah hujan asam.Tidak dikenal lagi adanya musim. Perubahan iklim secara global terjadi di abad 20 akibat efek rumah kaca dan polusi.

Kami sebelumnya telah diperingatkan bahwa sangat penting untuk menjaga kelestarian alam, tetapi tidak ada yang peduli. Pada saat anak perempuanku bertanya bagaimana keadaannya ketika aku masih muda dulu, aku menggambarkan bagaimana indahnya hutan dan alam sekitar yang masih hijau. Aku menceritakan bagaimana indahnya hujan, bunga, asyiknya bermain air, memancing di sungai, dan bisa minum air sebanyak yang kita mau. Aku menceritakan bagaimana sehatnya manusia pada masa itu.

Dia bertanya: – Ayah ! Mengapa tidak ada air lagi sekarang ?

Aku merasa seperti ada yang menyumbat tenggorokanku. ..

Aku tidak dapat menghilangkan perasaan bersalah, karena aku berasal dari generasi yang menghancurkan alam dan lingkungan dengan tidak mengindahkan secara serius pesan-pesan pelestarian… dan banyak orang lain juga !. Aku berasal dari generasi yang sebenarnya bisa merubah keadaan, tetapi tidak ada seorangpun yang melakukan. Sekarang, anak dan keturunanku yang harus menerima akibatnya, Sejujurnya, dengan situasi ini kehidupan di planet bumi tidak akan lama lagi punah, karena kehancuran alam akibat ulah manusia sudah
mencapai titik akhir.

Aku berharap untuk bisa kembali ke masa lampau dan meyakinkan umat manusia untuk mengerti apa yang akan terjadi… Pada saat itu masih ada kemungkinan dan waktu bagi kita untuk melakukan upaya menyelamatkan planet bumi ini !

Tolong Kirim surat ini ke semua teman dan kenalan anda, walaupun hanya berupa pesan, kesadaran global dan aksi nyata akan pentingnya melestarikan air dan lingkungan harus dimulai dari setiap orang.

Persoalan ini adalah serius dan sebagian sudah menjadi hal yang nyata dan terjadi di sekitar kita.

Lakukan untuk anak dan keturunan mu kelak”

“AIR DAN
BUMI UNTUK MASA DEPAN”

Regards,

Jerry

Tentang JERRY

I'm a man, looking good as me.. and many secret else... want to know many things about me?? contact me in my mail please......
Pos ini dipublikasikan di Misteri, Renungan kita, Sebaiknya anda tahu dan tag , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

69 Balasan ke Sebuah surat dari masa depan

  1. Ayu Nuryanti berkata:

    Kepada Yth
    Manusia
    Di
    Tahun 2050

    Saya manusia yang hidup di tahun 2009, saya ingin bertanya kepada anda, apakah sebegitu burukah keadaan di tahun 2050? mudah2an saja tidak seperti apa yang anda tuliskan inii ya…karena kita semua mencintai bumi kita ini…

  2. iwanmalik berkata:

    Semasa kecil banyak tumbuh pepohonan, sawah, sungai jernih, gak ada banjir, udara bersih.
    Tapi kini keadaannya sebaliknya. Akankah besok akan lebih buruk lagi?

    http://iwanmalik.wordpress.com
    Info Pendidikan & Wirausaha

  3. JERRY berkata:

    To : Ayu Nuryanti

    Anda dapat melihat bagaimana keadaan bumi yang kita cintai sekarang.. banyak bencana karena ulah kita sendiri, yang kata anda pencinta sejati bumi ini… kasus porong dan kasus sejenis dimana2, banjir dan longsor dimana2.. PERANG! dan masih banyak lagi.. apakah dengan demikian kita masih dikatakan mecintai bumi ini? cerita ini hanya ilustrasi dimana suatu saat nanti kita akan mengalaminya jika kita tidak peduli dengan semua yang terjadi di sekitar kita.

    salam

  4. sakinah ayu berkata:

    prospek perencanaan bumi yg sangat matang dan jauh kedepan…
    i just can standing applause for you !
    kemampuan daya pikir yang sangat CEMERLANG !
    jika semua manusia mempunyai pikiran yang sama dengan anda, saya yakin bahkan sampai tahun 2100 pun bumi kita ini akan tetap “sehat” …

  5. JERRY berkata:

    To : Sakinah Ayu
    Terima kasih atas atensinya mbak…
    Mari kita semua berharap, berdoa,
    dan jangan pernah berhenti melestarikan tempat tinggal kita..
    Bumi ini…

  6. dila berkata:

    saya berusia 15th, d sklh sy, sy d crtakan olh suster yg mgjr d skolah sy,
    beliau mcrtkn tnt kekurngn air di tahun 2050.dan kami juga diperlihatkan film atau cerita tsb lewat kaset.
    apakah benar itu sungguh terjadi di thn yng akan datang? sy merasa kasihan kpd manusia yg hidup di th tsb. apakah ini benar2 akan terjadi?

  7. JustMe berkata:

    Cuma satu kata HOAX!!!

  8. JERRY berkata:

    To : JustMe

    Hoax?? wah anda salah kaprah dengan maksud dan tujuan dari tulisan ini…
    tulisan ini hanya merupakan ilustrasi..dimana bila kita tidak melestariakan bumi ini maka ilustrasinya akan seperti dalam tulisan…
    so..pahami dulu tulisan ini ya…:)

    salam

  9. cozyrira89 berkata:

    Salam Sejahtera…salam kenal,

    Tahun 2050, berarti 41 tahun lagi..wah lama nian ya, mungkin hutan,lahan sawah, perkebunan sdh berkurang atau ludes semua? akibat pertambahan jumlah penduduk yg membludak..harapanku sih semoga jangan sampai demikian..

    Wassalam..

  10. JERRY berkata:

    To : cozyrira89

    Salam sejahtera dan salam kenal juga buat anda.. mari kita sama- sama berharap..
    karena harapan adalah hidup…

    salam

  11. Yep berkata:

    Mari kita jalani hidup ini dengan penuh rasa bersyukur…..

  12. Wong Muda berkata:

    ilustrasi yg sungguh mengerikan…tp, ilustrasi tersebut bisa berubah menjadi kenyataan suatu saat nanti apabila kelakuan manusia masi spt skrg…

    ayo….kita mulai berbenah dari sekarang untuk kelangsungan hidup kita, anak kita, cucu kita kelak.

    pahamilah sudah bny tanda2 mengerikan bhwa bumi mulai marah kpd kita…

  13. oondoey berkata:

    Kalau saja pemerintah mulai mengganti pemakaian bahan bakar fosil dengan tenaga listrik, insya Allah perbaikan lingkungan di dunia akan berlangsung dan dipelopori oleh negara tercinta kita Indonesia.

  14. Itu salah satu pertanda kalo manusia mengabaikan alam yang susah anak cucu manusia sendiri

  15. Refa berkata:

    terima kasih kpd manusia tahun 2050 atas early warning nya,
    saya akan merusaha merubah tatanan dunia agar tidak seperti yg kau ramalkan.

    saya maau tanya anda tahun 2050 tinggal dimana? negara kapitalis ya?

    saya juga denger kabar tahun 2050 ada subuah negara adidaya baru. tahun 2050 amerika sebagai adidaya sudah ambruk, yang muncul kemudian adalah Daulah Khilafah Islam yang khabarnya kesejahteraan dan keadilan dirasakan oleh warga yg tinggal di dalamnya.

    kenapa anda tidak mau tinggal di wilayah Daulah Khilafah Islam ?

  16. JERRY berkata:

    To Refa :

    Terima kasih atas atensinya ya….
    saya ingin bilang kepada anda bahwa, andaikan saya tahu kesejahteraan dan keadilan itu dapat dirasakan pada tahun dimana saya hidup… surat saya tidak pernah terkirim kepada anda…. yang pasti kaki saya masih tetap terpijak pada tanah Indonesia, negara yang paling saya cintai… mau hancur..mau runtuh…sengsara yang penting tetap berada di Indonesia.. cinta Indonesia.

    salam,

  17. vira berkata:

    Salam Sejahtera!

    Sy jadi ingat film yg judulnya “The Day Stood Still” dimana alien datang untuk memusnahkan manusia yg ada di bumi agar bumi tidak musnah akibat ulah manusia.
    Betul tidak??
    Hehehehe..
    Semoga tidak terjadi demikian😀

  18. JERRY berkata:

    To : vira

    Salam sejahtera juga buat anda.
    Kita semua berharap agar tidak demikian kejadiannya…
    Semoga!

    salam,

  19. IBNU AJI NUR HAKIM berkata:

    hla kok bisa manusia tahun 2050 ngirim pesan ke manusia tahun 2009????
    aya2 waeh.,..,.,?

  20. IBNU AJI NUR HAKIM berkata:

    katamya juga dunia berakhir pada tahun 2012.,.,.,gimana tuwh..,..????
    saya juga pecinta alam

  21. JERRY berkata:

    To : IBNU AJI NUR HAKIM

    1. Mari kita sama2 melestarikan alam/bumi tempat kita hidup…

    2. Kalo yang dunia berakhir tahun 2012, itu menurut kalender suku maya. –> baca artikel

    https://jerrypunk.wordpress.com/2008/11/27/pada-tahun-2012-kiamat%e2%80%a6%e2%80%a6%e2%80%a6siapkah-anda/
    https://jerrypunk.wordpress.com/2009/01/21/tahun-2012-kiamat-part-iisudah-siapkah-anda/

  22. danang berkata:

    bener gak sih ada surat dari masa depan terus yang nerima pertama kali siapa? pake ( lewat ) apa? internet? emang bisa? atau spiritual?

  23. Ping balik: Surat Dari Masa Depan?? Masak iya sih.. « colourfull world

  24. Alfiyan berkata:

    Mending kita jangan percaya ama ramalan begituan…. Inget!! qta masi punya Allah…. kalo kita brusaha, qta pasti bisa mencegah hal tsb. dgn melakukan hal sederhana, contohnya:menghemat listrik, menghemat energi, & kalau bisa menggunakan sumber energi alternatif, supaya tidak merusak lingkungan..

    Thx b4
    ~Alfiyan~

  25. ada deh berkata:

    chacian

  26. yudi berkata:

    kayanya sy setuju dengan surat itu,akan tetappi kejelekan pasti seiring dengan kebaikan jadi mari mengaca pada diri sendiri apakah kita bisa berhemt dan menjaga alam…..?

    jerry menjawab :
    setuju !!, semoga bumi akan semakin baik kedepan…:)

  27. Made Ayu berkata:

    Salam Om Jerry,,,

    saya sebagai anak-anak ( masih 12 tahun) belum begitu mengerti apa yang dikatakan Morphology.

    tapi, Om, di tahun 2050, apakah pajak galon itu sangat menyengsarakan rakyat? apakah masih ada perbedaan antara orang miskin dan orang kaya, Om?

    apakah pajak yang mungkin sulit sekali diraih ini membuat banyak orang mati kelaparan?

    saya sangat bingung, sebab otak saya yang masih memiliki wawasan yang tidak luas harus berpikir seperti ini, mengilustrasikan yang akan terjadi.

    salut… om!!!

  28. Dwi berkata:

    Tuh di atas udh dibilangin cuma ilustrasi masa depan aja, bukan masa depan beneran

  29. hen*** berkata:

    apakah bisa seburuk itu di masa depan???

  30. Hasna berkata:

    ikut copy y mas.. keren nih articleny..

    jerry menjawab :
    Monggo…

  31. stella esperanza berkata:

    makasih ataz apa yg tlh kak jerry bri tau…
    tpi smoga gx beneran yach
    aku si gak gtu suka bwank2 aer…
    aer cma bwt minum nd mandi doank
    smoga bisa hidup lbi lama lgi yach…
    aku doain de disini (2009)
    kapan2 kirim surat lgi yach ke 2009
    moga2 surat selanjutnya kabar yang lebih bae…
    thx^-^

  32. roni berkata:

    ni beneran pa gk neh……
    kok bisa manusia dr tahun 2050 ngirim surat ke tahun 2009……?
    bagaimana caranya…..?
    Dajjal dah keluar pa blom tuh…..?
    bagaimana kondisi ahklak manusia……?

    Jerry menjawab :
    klo masih mau hidup enak&nyaman pada masa depan…
    jaga dan lestarikan bumi tempat dikau berpijak…

  33. sandhy berkata:

    ak sangat kagum atas ilustrasi diatas, salut…
    ak sendiri sangat sangat yakin bila ilustrasi diatas kelak bisa saja terjadi, namun sebenarnya kalo kita jeli, awal kehancuran bumi sudah dimulai sejak Perang Dunia terjadi dahulu…sejak saat itulah manusia tidak lagi mengindahkan kata Dunia…tak lagi mau memelihara dunia, bahkan mulai menghancurkannya …saya pesimis bahwa Dunia akan menjadi lebih baik di masa yang akan datang dengan melihat ambisi manusia saat ini yang semakin lama semakin ingin menguasai dunia untuk diri sendiri…Untuk Jerry, semoga tulisan ini bisa di pahami orang di seluruh dunia..salam damai…sandhy

    Jerry menjawab : Terima kasih buat Shandy..senang sekali bila semua org berpikiran seperti anda…salam damai juga buat anda.

  34. Abu Uways berkata:

    yth org dari masa depan, kenapa g pake mesin waktu rame2 ke sini aja, atau ke kampung ane, daripada di sana susah aer kan?

  35. haries berkata:

    Mas artikelnya dah saya sebarin di facebook, tapi saya juga g lupa di dalam artikel itu untuk menaruh link ke halaman ini….

    emang keren itu artikel, bagaikan nyata terjadi…

    Jerry menjawab : okey..terima kasih ya..

  36. piece potter berkata:

    antara percaya dan tak percaya,,,,,,,,,,

  37. Alexander Briant berkata:

    Cuy… suratx bagus bgt nih

    tpi…
    denger2 2012 dh kiamat y….??

  38. Vivi berkata:

    Jadi takt,
    tp m0ga az lah ga bgt, biz aq jg s’org yg pecinta alam jg,🙂
    tp klu memang tu trjd aq pasrah az..

  39. Sutidjah berkata:

    Tuan rumah world cup mana bos di tahun itu..?

  40. nadia berkata:

    saya berasal dari tahun 2010 dan masih berumur 15 tahun. di bumi tidak apa-apa sekarang. semua sepertinya baik dan sangat menyenangkan meskipun beberapa isu yang meresahkan mulai bermunculan satu persatu.
    saya sangat senang anda menceritakan keadaan anda di tahun 2050. keadaan anda yang begitu memprihatinkan benar-benar tidak bisa saya bayangkan.
    terima kasih telah mengingatkan kami, manusia tahun 2050. saya akan berusaha mengubah dunia ini menjadi lebih baik agar di masa depan nanti kehidupan anda dan yang lainnya menjadi lebih baik juga🙂

  41. Ardhi berkata:

    Halo nama saya ardhi saya berumur 13 tahun apakah benar anda berasal dari tahun 2050??
    aku sangat penasaran dan apakah di tahun 2050 akan seperti yang anda ceritakan???bila memang begitu keadaannya aku sangat prihatin sekali…..Hiks….mohon dibalas pertanyaan ku mengenai kebenaran/kejujuran bahwa kamu dari tahun 2050.Terimakasih

    SALAM

  42. Ping balik: Sebuah surat dari masa depan « Alexvandigory's Blog

  43. yayha berkata:

    kepada yth
    manusia di thn 2009
    saya orang di tahun 2010
    dan saya mau bicara
    <<<<<<<>>>>>>>

  44. caca berkata:

    nama saya caca sy baru berumur 4 tahun kalau nanti di tahun 2050 sy masih dikasih umur sama ALLAH berarti umurku saat itu 52 tahun om jerry, aku ga bisa bayangin kalo kehidupan di thn 2050 seperti itu, apakah aku sanggup utk bertahan atau ga, tapii agar kondisi yg diganbarkan seperti di th 2050 tdk cpt terjadi apa yg hrs aku lakukan ya ??? kalo hrs menanam pohon aku udah lakukan, biar cuma dihalaman yg sempit, buang sampah pd tempatnya !!! kalu itu aku udah biasa, tapi akua mau ngajak temen2 aku utk membiasakan diri menjaga lingkungan dgn baik
    yg gampang aja ya om jerry ya yaitu tdk buang sampah sembarangan dan tdk blh menebang pohon sembarangan, habis kalau buang sampah dan menebang pohon sembarangan dampaknya sangat besar, bisa menimbulkan bencana banjir dan longsor, sehingga air hujan tidak bisa meresap kdlm tanah jadi air ujannya terbuang percuma tdk ada persediaan utk masa yg akan datang.
    om jerry makasih ya informasinya di tunggu surat2 berikutnya, salam kenal, salamualaikum…

  45. caca berkata:

    om jerry salam kenal dari aku caca (aulia nisa azzahra umurku baru 4 th)

  46. muhammad abid berkata:

    dari 2050 apakah benar anda dari 2050 berarti disaat itu sudah ada mesinwaktu atau apa? bagai mana anda bisa mengirim surat dari masa depan ke sini? apakah saya terkenal dizaman itu apakah saya sudah menjadi kakek

  47. muhammad abid berkata:

    berarti jika saya lahir tahun1999 umur saya waktu itu 60 tahun dong

  48. hasbi ash shiddieqy berkata:

    semoga manusia akan melestarikan alam
    dan tdk akan terjadi hal seperti ini
    ada satu pertanyaan buat anda bagai mn bisa anda mengirim surat ini
    dengan suratin saya memberi tahukan kepada semua keluargaku
    semoga tidak terjadi hal seperti ini

  49. renny marlia berkata:

    sebagai mana orang yg hidup di tahun 2050 bisa bertahan hidup dengan keadaan kronis seperti itu makan pun tak tahu…..
    air habis apakah tidak ada yg bisa dikomsumsi di tahun 2050…
    apakah benar semua itu akan terjadi

  50. ya ampun,,, my godness….
    if i know the way to supply people in 2050.. i will supply all water and foods in my place!!! and i will save them by giving plants and menanam padi sbanyak mungkin semoga ada STARGATE YANG TERBUKA UNTUK MENUJU MASA 2050!! amin!!!

  51. fakhrana berkata:

    loh kok orang thn 2050 bs ngirim pesen ke orang thn 2009 sih???trus thn 2050 tu tinggal dmn???bknnya skrg msh thn 2010?? (maaf bnyk tanya) (-__-“)

  52. Hikmah cifer berkata:

    Hmmm….
    mas jerry
    klau bnar jdi sperti ini bagaimana kelangsungan hidup kita nanti? kan kasihan
    yang baru lahir?
    saya setuju dengan mas karena melihat kondisi kita ini:(
    air mulai banyak tercemar kan??

    makasih ilustrasinya
    keren jadi kepikiran untuk masa depan
    kalu boleh tolong tulis artikel yang kayak gini lagi oke?

    Jerry menjawab:
    Oke bos.. nanti kutulis lagi yang banyak ya.. ditunggu aja..

  53. edho berkata:

    pesan yang sangat baik…. saya akan menjaga dan melakukan apa yag ada di pesan ini demi anak cucu ku…

    Jerry menjawab:
    Mantap bos.. semoga tercapai cita2mu…

  54. Nathan berkata:

    Halo Jerry. Aku Nathan. Aku masih anak-anak yang berusia 10 tahun. Di tahun 2050 apakah masih ada laut? Aku yakin dengan perkataan mu. Tetapi aku taku jika benar-benar terjadi. Saya mau tanya katanya tahun 2012 adalah tahun kiamatnya dunia. apakah itu benar?

  55. deniz berkata:

    apa kah benar k’hncuran dunia t’jadi scpat tuh..??
    jka bnar qt msih pnya wktu krang lbih 40thun tuq m’perbaiki lingkungan qt….

  56. deden berkata:

    bisa ja terjadi…
    bahkan bumi tinggal kenangan..tapi
    mungkin bukan kekurangan air tetapi tenggelam karena es bakal mencair,,,
    buktinya sekarang daratan makin sempit dan banyak pulau es yang terpecah dari kutub utara,,,
    yuk jaga bumi kita,,
    stop global warming,,

  57. Nas Cinta Bumi berkata:

    kalo udah tahu harusnya kita sadar dengan ikhlas dan tawakal… bukannya di liatin aja…..

  58. muhammad ihsan berkata:

    maaf manusia di masa depan, tapi kok suratnya sam kayak surat dari tahun 2070

  59. misterius guys from future berkata:

    g binggung deh kenapa sih banyak orang nyebarin gossip ama isu murahan yang bikin orang jadi musrik!dah deh stop meresahkan masyarakat yang blom terjadi jgn dibikin bikin!ngak lucu tau!jgn mendahului tuhan deh!kita ini cuma manusia yang penuh dosa!jadi jgn bikin yang aneh aneh deh!jalanin aja yang ada dan syukurin apa yang kita punya!

  60. jenniver berkata:

    salam..

    bleh ijin ngepost di FB ?
    nnti ku ksih link nya jga deh…

  61. fahrurozie berkata:

    astaggfirulloh aq merinding nihh

  62. yuansyah berkata:

    mama isel harus dijaga supaya gax punah lestarikan mama isel

  63. gunkk berkata:

    mas klo q boleh usul….coba deh mas ke sini via mesin waktunya jhon titor n ambil air sbanyak2 nya di sini n bawa ke masa depan….gampang kan??

  64. Intan Shafa berkata:

    numpang komen ya…
    ini beneran nggal?

  65. wahyu berkata:

    jika di tahun 2050 terjadi hal seperti itu apa yang akan terjadi pada tahun 2012?????

  66. Ria Safitri berkata:

    Apakah benar keberadaan surat dr masa depan itu??? Siapa ♈a̲̅♌g pertama x menemukan….
    “KeLestarian aLam memang sdh menjadi kewajiban seluruh umat manusia.Jangan tunggu ada surat dari masa depan dl br takuuut lalu berlomba2 menjaga alam…
    Go Green…

  67. Jay berkata:

    danang Berkata:

    1 Maret 2009 at 1:24 PM
    bener gak sih ada surat dari masa depan terus yang nerima pertama kali siapa? pake ( lewat ) apa? internet? emang bisa? atau spiritual?

    Surat Dari Masa Depan?? Masak iya sih.. « colourfull world Berkata:

    1 Maret 2009 at 3:33 PM
    […] Sumber: https://jerrypunk.wordpress.com/2009/01/21/sebuah-surat-dari-masa-depan/ […]

    Alfiyan Berkata:

    2 Mei 2009 at 9:47 PM
    Mending kita jangan percaya ama ramalan begituan…. Inget!! qta masi punya Allah…. kalo kita brusaha, qta pasti bisa mencegah hal tsb. dgn melakukan hal sederhana, contohnya:menghemat listrik, menghemat energi, & kalau bisa menggunakan sumber energi alternatif, supaya tidak merusak lingkungan..

    Thx b4
    ~Alfiyan~
    ______________________________________________________

    yg di atas cuma sampel doang,,

    wadduh… kacconya memang manusia awal abad 21 ini, membaca cerita pun ga ngerti, ga paham cerita dah komen, pantasan hancur bin amburadul, ada pula yang bilang HOAX, azzzzzz…
    Om, tante, mas, mba, abang, kaka, agan2, “ilustrasi” itu hanya sebagai penggugah niat anda agar lebih mencintai alam..
    masa komennya lari ke HOAX, ramalan, agama, ahli nujum, mesin waktu,, bussedd dah.. ga kesampaian lah inti cerita yg disampaikan saudara Jerry. Baca dulu yang benar, pahami, baru di komentari..

    kalau masalah kiamat, saya rasa jgn ditanya ma Jerry, dia mgkn hnya peduli alam, bukan ahli nujum. 😄

    Edaaann… edannn…

  68. Rezza berkata:

    Hai om Jerry.

    Jika dilihat surat ini,antara percaya dan tidak percaya,kemungkinan hal itu bisa saja terjadi. Diperlukan kesadaran orang2 ,yaa misalnya dimulai dari lingkungan sekitar/rumah.

    Bagus om,tingkatkan lagi yoo.

Tinggalkan Balasan

