Makam 4.300 tahun ditemukan


100253pDua makam berusia 4.300 tahun ditemukan di Saqqara, sekitar 20 meter selatan Kairo. Makam yang terbuat dari batu tersebut dibangun untuk pejabat tinggi.

“Hari ini kami mengumumkan temuan besar dan penting di Saqqara, yakni penemuan makam tua berusia 4.300 tahun,” ujar Kepala Dewan Agung Peninggalan Purbakala Mesir, Zahi Hawass kepada para wartawan, Senin (22/12).

Hawass ketika membawa para wartawan ke lokasi penemuan, mengatakan, penemuan dua makam ini adalah awal dari temuan pemakaman yang besar dan luas.

Sebelumnya, proses penggalian hanya fokus dekat lokasi dua piramida, yakni Piramida Raja Djoser dan Piramida Unas, raja terakhir dari Dinasti ke 5. Sementara itu, lokasi ditemukannya dua makam tersebut hampir belum tersentuh. “Ini artinya pemakaman kerajaan lebih besar daripada yang kami bayangkan,” kata arkeolog Saleh Suleiman, yang bertugas menggali kedua makam tersebut.

Hawas menambahkan, penggalian akan terus berlanjut, dan temuan-temuan berikutnya akan mengarah kepada penemuan pemakaman Dinasti ke 5 dan ke 6 Kerajaan Tua yang pernah memerintah sekitar 4.000 tahun lalu.

Di atas salah satu pintu makam selebar 90 sentimeter x 2,5 meter tertulis tentang seorang pria, Yaamat, sedangkan di makam kedua, yang dua kali lebih lebar dari makam pertama, terdapat ukiran dan gambar seorang wanita yang sedang duduk.

Aidan Dodson, peneliti di Departemen Arkeologi dan Antropologi Universitas Bristol, Inggris, mengatakan, temuan kedua makam tersebut tidak terlalu berarti. Namun, kemungkinan ditemukannya pemakaman yang lebih besarlah yang berarti. “Temuan ini menunjukkan bahwa lahan kosong di peta Saqqara tidak sepenuhnya kosong. Hanya para arkeolog yang belum menggalinya,” ujar Dodson.

Penggalian di Saqqara telah berlangsung selama 150 tahun dan menghasilkan penemuan piramida, makam, dan pemakaman dari era Kerajaan Tua, termasuk situs-situs purbakala di era Roma. Selama penggalian, temuan-temuan baru secara rutin ditemukan. November lalu, Hawass mengumumkan penemuan piramida baru yang ke-118 di Mesir, dan ke-12 di Saqqara.

Hawass mengatakan, baru sekitar 30 persen monumen-monumen di Mesir yang ditemukan, sementara sisanya masih tertimbun pasir.

Tentang JERRY

I'm a man, looking good as me.. and many secret else... want to know many things about me?? contact me in my mail please......
Pos ini dipublikasikan di Misteri, Sebaiknya anda tahu dan tag , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Makam 4.300 tahun ditemukan

  1. Treante berkata:

    hmm, banyak banget ya peninggalan mesir

  2. JERRY berkata:

    to Treante : Iya.. peninggalan mesir memang banyak tre.. Mesir kan dulunya pusat kebudayaan dunia…

  3. kellyamareta berkata:

    mesir memang juragannya batu nisan

    Jerry membalas : Iya emangđŸ™‚

  4. ica berkata:

    sangat menarik karena makam tersebut sudah berumur ribuan tahun…saya ingin sekali datang ke sana dan melihat isinya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s