Mengatasi Printer yang Tak Bisa Mencetak


printerSering kali saya berhadapan dengan masalah printer di kantor. Biasanya, printer tersebut tidak bisa mencetak. Apa ya yang menyebabkan masalah ini?
Minak Jinggo

Jawab:
Ada beberapa kemungkinan penyebab. Coba periksa dengan langkah berikut: 1. Periksa koneksi printer dengan jaringan listrik. Pastikan kabel power printer telah dicolokkan ke stop kontak listrik dengan baik.

2. Pastikan saklar “on-off” printer atau tombol switch printer dalam posisi “on” dengan memeriksa lampu indikator.

3. Periksa sambungan kabel data printer, apakah sudah terhubung dengan port paralel/port USB di komputer dengan benar.

4. Cobalah untuk menggunakan kabel data printer yang lain sebagai uji coba.

5. Apabila menggunakan sistem operasi Microsoft Windows, dan menggunakan printer yang terhubung ke port paralel di komputer Anda, coba jalankan perintah berikut ini di jendela MSDOS Prompt:

6. C:>dir >>LPT1

7. Maksudnya, untuk membelokkan hasil tampilan perintah “dir” (perintah untuk menampilkan daftar isi dari suatu direktori) dari yang seharusnya ke monitor, namun dialihkan ke port paralel komputer.

8. Pastikan Anda melakukan instalasi driver untuk printer tersebut.

9. Pastikan Anda memilih driver yang tepat untuk printer yang digunakan.

10. Pastikan Anda memilih port yang tepat untuk printer.

11. Coba gunakan aplikasi teks editor standar untuk sistem operasi Anda guna mencetak sesuatu (misalnya notepad). Jika aplikasi teks editor Anda dapat mencetak, kemungkinan besar kesalahan bukan pada printer.

12. Cobalah untuk mengubah setting printer Anda menjadi “Default Printer” atau cobalah melakukan instalasi ulang driver untuk printer Anda dengan nama printer yang lain dan ubahlah instalasi baru tersebut sebagai “Default Printer”.

13. Pastikan Anda memiliki space hard disk yang mencukupi. Terkadang, jika buffer tidak cukup, data tidak dapat dikirim ke printer dengan sempurna.

14. Cobalah untuk mengubah setting “Spooler” untuk printer Anda melalui menu properties printer. Fitur “Spooler” ini digunakan dengan tujuan agar Anda tetap dapat menjalankan aplikasi ketika dilakukan pencetakan dokumen.

15. Cek apakah ada resource yang konflik dengan port yang digunakan oleh printer Anda. Gunakan bantuan perangkat troubleshooter jika terjadi konflik. Kasus ini mungkin juga lantaran port komputer Anda bermasalah.

Untuk mengetahuinya, apabila langkah-langkah di atas sudah Anda lakukan tapi tidak menemukan “titik terang”, cobalah untuk memindah koneksi port printer Anda ke port lain (misalnya USB1 ke USB3) atau cobalah printer Anda pada komputer lain.

Regards,

Jerry

header

Tentang JERRY

I'm a man, looking good as me.. and many secret else... want to know many things about me?? contact me in my mail please......
Pos ini dipublikasikan di Dunia IT dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s