Penurunan Harga BBM Sedang Dihitung-hitung


Pemerintah tengah melakukan hitung-hitungan formulasi penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium dan Solar. Hitung-hitungan tersebut akan mempertimbangkan agar naik turunnya harga BBM dalam negeri tidak bersifat mendadak.

Hal tersebut disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani usai shalat Idul Adha di kantor Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak, Jakarta, Senin (8/12).”Kami sedang menghitung lagi formulasinya terutama untuk tahun 2009. Kan bapak Presiden nanti yang akan memutuskan sesuai dengan pernyataan kemarin,” kata Menkeu.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan akan menurunkan harga Premium dan Solar menyusul adanya penurunan harga minyak dunia. Menkeu mengatakan untuk sementara pemerintah akan menggunakan formula ceiling price (penetapan batas atas harga) atau semacam formula agar naik turun harga BBM nantinya tidak bersifat mendadak dan untuk kesiapan SPBU. Pasalnya, harga minyak dunia masih fluktuatif dan harganya naik turun.

“Naik turunnya itu kan harian, kadang-kadang 54 dolar AS per barel kadang turun lagi ke 49 dolar AS per barel, dan seterusnya,” ujar Menkeu.

Penetapan formula ini untuk melindungi masyarakat supaya pada saat harga turun masyarakat bisa menikmati, namun jika harga minyak dunia kembali naik diupayakan agar kenaikannya tidak terlalu drastis.Menurut Menkeu, penetapan formula ini tidak akan mempengaruhi budget negara karena saat ini sudah memasuki akhir tahun.

“Tahun 2008 tinggal tiga minggu. Sebentar lagi kan sudah mau selesai jadi sudah tidak ada pengaruhnya ke budget kita,” tutur Menkeu. Menkeu mengakui perhitungan turunnya harga BBM dalam negeri akan mengikuti penurunan harga minyak internasional yang cukup drastis.

Jika harga minyak dunia anjlok, sebagai konsekuensinya kebijakan pemerintah juga harus menurunkan BBM. “Karena masyarakat tentu pas turun sangat berharap dan tentunya memang wajar,” ujarnya.

Tentang JERRY

I'm a man, looking good as me.. and many secret else... want to know many things about me?? contact me in my mail please......
Pos ini dipublikasikan di Berita Terkini dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s