Menghilangkan Batu Ginjal Tanpa Pembedahan


BATU ginjal merupakan penyakit yang menyerang organ ginjal dan saluran kemih, umumnya terjadi pada pria berumur 20-40 tahun. Penyakit ini menghambat fungsi ginjal dalam mengeluarkan sampah metabolisme dan penyerapan kembali bahan-bahan yang masih dibutuhkan tubuh. Minum sebanyak mungkin, meskipun tidak haus, direkomendasikan dapat mencegah dan menghilangkan batu ginjal.

Namun, tidak seluruh batu ginjal dapat lenyap hanya dengan terapi air pu- tih. Ada beberapa kasus yang mengharuskan dokter mengambil tindakan medis untuk mengangkat batu ginjal pada pasien.

Tindakan medis untuk pengambilan batu ginjal yang umum adalah dengan teknik invasif (operasi/ pembedahan) dan non-invasif (nonoperasi/non pembedahan).

Teknik invasif terbagi dalam dua teknik. Pertama, dokter melakukan tindakan percutaneus nephrolithotripsy (PCNL), yaitu teknik pembuangan batu ginjal melalui pembuatan lubang kecil di pinggang. Kedua, dokter melakukan operasi terbuka dengan cara operasi besar pada pasien batu ginjal. Kedua teknik ini mengharuskan pembiusan dan perawatan inap pada pasien.

Pada teknik noninvasif, dokter memberikan resep obat untuk mengurangi rasa nyeri dan pemakaian teknik Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL). Beberapa obat batu ginjal memang memberikan tingkat kesembuhan yang baik. Namun, tidak seluruh pasien batu ginjal dapat sembuh hanya dengan minum obat.

Gelombang Kejut

Teknik ESWL bisa menjadi alternatif terapi bagi pasien batu ginjal dengan beberapa keuntungan tambahan. Hal ini sudah diterapkan di Siloam Hospitals West Jakarta. Terapi ini menggunakan peralatan medis untuk memecahkan batu ginjal di ginjal dan saluran kemih ini dijalankan tanpa operasi.

Alat ini menggunakan gelombang kejut untuk menghancurkan batu ginjal berukuran 5-20 mm. Pada beberapa kasus, proses pengeluaran batu melalui air seni seringkali membuat pasien nyeri. “Untuk itu, dokter akan memberikan obat penahan nyeri,” papar dr Robertus Bebet Prastyo SpBU, dokter ahli bedah urologi di Siloam Hospitals West Jakarta.

Bagaimana batu pada ginjal dan saluran kemih dapat terbentuk, menurut dia, adalah sebagai proses kristalisasi zat-zat. Proses kristalisasi ini berjalan seiring dengan perubahan keasaman (pH) dalam urine. Peningkatan keasaman urine biasanya mempermudah pembentukan asam urat. Sebaliknya, lanjut dia, bila terlalu basa dapat menimbulkan batu struvite.

Menurut Prastyo, substansi batu ginjal bermacam-macam. Sedikitnya ada empat jenis batu ginjal, yaitu kalsium oksalat (70 persen-75 persen, struvite (20 persen), asam urat (5 persen), dan sistin (1 persen).

Penyebab utama batu kalsium oksalat dan asam urat adalah makanan dan minuman yang banyak mengandung kalsium, oksalat, dan purin. Penyebab batu struvite, karena infeksi ginjal, sedangkan penyebab batu sistin adalah gangguan metabolisme dan kelainan lain yang terkait dengan genetis.

Dalam beberapa kasus, jelas Prastyo, batu ginjal tidak selalu memberikan keluhan medis saat buang air kecil, terutama saat stadium awal. Dia memberikan beberapa tips untuk menghindari batu ginjal, seperti minum air putih sedikitnya dua liter atau 10 gelas setiap hari. Langkah lain adalah diet sesuai kebutuhan.

Bagi yang sudah mengalami batu ginjal, minumlah obat yang diresepkan dokter secara teratur dan tepat dosis. Lakukan konsultasi dengan dokter ahli untuk mendapatkan diagnosis dan tindakan medis yang tepat.

Tentang JERRY

I'm a man, looking good as me.. and many secret else... want to know many things about me?? contact me in my mail please......
Pos ini dipublikasikan di Kesehatan dan tag , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Menghilangkan Batu Ginjal Tanpa Pembedahan

  1. Terima kasih atas infonya….
    Sangat bermanfaat…

  2. squall berkata:

    terimakasih informasinya,

    apakah ada referensi selain tindakan medis untuk pengobatan batu ginjal? misalnya seperti alternatif, karena sering saya dengar pengobatan alternatif juga sangat baik dalam mengobatinya, disamping dapat menekan biaya serta penggunaan obatyang lebih alami, misalnya seperti herbal

    terima kasih jika memiliki informasi berhubungan dengan alternatif untuk batu ginjal,

    ditunggu di email saya.

    trims

  3. jerrypunk berkata:

    Info untuk pengobatan batu ginjal secara herbal sdh saya tulis di blog hari ini (10/12/08)
    Silahkan di lihat.. Semoga bermanfaat..

    Salam,

  4. Community Legal berkata:

    Mohon informasi : Istri saya sekarang kena batu ginjal, dari info pengobatan non medis batunya sudah di penghujung ureter. Sudah di coba pengobatan hermal : obat sinse, keji beling, dan alternatif. Tapi sampai sekarang belum keluar batunya. Posisi saya ada si Semarang, mohon informasi tempat pengobatan yang tidak harus operasi, masalahnya dua tahun lalu habis operasi apendik. Terimakasih ( saya tunggu infonya di email saya )

  5. Rani berkata:

    Makasih info berharganya

    Salam,
    http://trinunggal.net
    Your Online Health Partner

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s